RSS

Musik Ska Mulai Stabil di Indonesia




          Pernahkah mendengar musik Ska? Ska itu merupakan bagian dari Jamaican music, Jamaican music sendiri terdiri dari Reggae, Dance House, Rocksteady, Calypso dan masih banyak lagi. Berbeda dengan Reggae, Ska memiliki beat yang lebih cepat. Musik Ska gelombang kedua masuk ke Indonesia sejak tahun 1997, pada Ska gelombang kedua lebih mengandung unsur rock. Band-band yang muncul ke permukaan pertama kali ketika masa itu adalah Tipe-X, Jun Fan Gang Fu, dan Skali.
          Pada akhir 90an itu, masih banyak band-band poser yang tidak mengerti musik Ska gelombang kedua itu seperti apa, namun saat ini musik Ska di Indonesia sudah lebih berkembang, lebih tertata rapih dan sudah banyak yang paham dengan musik Ska itu sendiri, dengan kata lain sekarang musik Ska jauh lebih stabil. Band-band yang bermunculan tidak membludak seperti dulu karena mereka lebih berhati-hati melahirkan suatu band Ska yang berkualitas yang tidak membuat nama Ska menjadi jelek. 
         Giri Ardi adalah seorang gitaris band yang mengusung aliran Ska, ia sudah 11 tahun berada di jalur musik Ska. Ia memilih musik Ska dibanding memilih musik-musik komersil di Indonesia seperti pop melayu karena baginya idealisme dalam bermusik di Indonesia bisa lebih dihargai, dan menurutnya musik Ska itu sulit untuk dimainkan. Orang  yang jago memainkan genre musik yang lain belum tentu bisa memainkan musik Ska. Menurut Giri, sudah banyak band Ska yang sudah komersil di Indonesia misalkan The Authentics dan Shaggy Dog. Band-Band Ska Indonesia sendiri masih berkiblat pada band luar yang mereka anggap lebih inspiratif.
         Semakin kesini musik Ska semakin mudah diterima oleh masyarakat, di acara-acara yang tidak khusus Ska seperti pensi-pensi pun sekarang sudah banyak yang menghadirkan band Ska sebagai bintang tamunya.   Giri berharap perkembangan musik Ska sekarang harus bisa lebih baik dan mempertahankan kestabilan seperti yang ada pada saat ini dan orang-orang yang berkarya pada musik Ska harus lebih banyak belajar memahami musik mereka sendiri supaya tidak terkesan asal-asalan membawakan musik Ska. (APL)



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment